Semakin Mantul,  Tak Kenal Libur Pengantin Baru  Langsung Terima 3 Dokumen

Perkawinan menjadi momen yang membahagiakan, dan lebih membahagiakan bila pengantin langsung menerima dokumen tanpa proses yang ribet. Inilah yang dirasakan pasangan pengantin Gabriel Daneswara Prakadewa dan Ansella Yohana Ayu Wilandari, yang melangsungkan perkawinan di gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bercela, Kumetiran, Sabtu (30/4).  Pasangan ini langsung menerima Akta Perkawinan, Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta setelah pemberkatan perkawinan secara agama. Layanan ini lebih populer disebut MANTUL (Manten Anyar Entuk Telu) atau pengantin baru mendapat 3 dokumen.

Mantul adalah inovasi yang diluncurkan sejak 2020, merupakan layanan percepatan penerbitan dan penyerahan dokumen administrasi kependudukan terkait perkawinan. Setiap pengantin baru khususnya non muslim akan memperoleh dokumen kependudukan sekaligus yaitu kutipan akta perkawinan, kartu keluarga (KK) dan KTP elektronik yang datanya sudah dimutakhirkan termasuk status perkawinannya menjadi kawin. Inovasi layanan Mantul ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pelayanan perkawinan kepada masyarakat. Tujuannya untuk akurasi data status perkawinan penduduk, percepatan pelayanan, effisiensi mekanisme pelayanan dan perlindungan hukum perubahan status pribadi penduduk.

Dengan layanan Mantul masyarakat dimudahkan dalam mengurus dokumen perkawinan dan dokumen kependudukan akibat perubahan status perkawinan, tanpa harus datang ke Disdukcapil. Layanan ini tidak mengenal hari kerja karena peristiwa perkawinan lebih banyak dilaksanakan di hari libur, termasuk pada libur menjelang lebaran tahun 2022 ini. Hal ini diungkapkan sang pengantin pria yang akrab disapa Danes. Menurut warga Wirobrajan ini, inovasi Mantul secara nyata memudahkan masyarakat mendapatkan dokumennya secara mudah, cepat dan anti ribet. Seperti namanya yaitu Mantul, inovasi ini benar-benar Mantul alias mantap betul. Secara khusus Danes mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Kota Yogyakarta dan berharap pasangan pengantin baru lainnya dapat ikut memanfaatkan layanan Mantul.