ASN Disdukcapil Kota Yogyakarta Juara II ASN Berprestasi Pemkot Yogyakarta 2022 dengan Inovasi MANTUL TENAN

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Yogyakarta berhasil menjadi runner up atau Juara II dalam ajang pemilihan ASN Berprestasi Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2022. Trisminingsih S.Sos.,  Analis Kebijakan Ahli Muda Subkor Perkawinan Perceraian Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan sebagai wakil Disdukcapil Kota Yogyakarta, berhasil masuk 10 besar bersama finalis lain dengan berbagai inovasi yang diajukan. 

Peserta yang masuk dalam 10 besar diberi kesempatan untuk memaparkan karya inovasinya dihadapan dewan juri. Indikator penilaian Juri ASN Berprestasi terdiri atas empat kriteria, yaitu orisinalitas, kemanfaatan, efisien dan efektifitas serta keberlanjutan. Inovasi MANTUL TENAN ternyata mampu memberikan impresi yang baik di mata Juri sehingga mampu meraih Juara II. Inovasi MANTUL TENAN dinilai mampu memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi warga kota Yogyakarta.

Inovasi MANTUL TENAN (Manten Anyar Entuk Telu Tuntas Dalam Sekali Layanan) merupakan layanan percepatan pencatatan perkawinan dan pemberian dokumen adminduk kepada pasangan pengantin baru non muslim, berupa kutipan akta perkawinan, kartu keluarga dan KTP-el. Mantul Tenan juga memberikan layanan updating atau pembaruan data lain dalam KK seperti tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, agama, layanan mutasi penduduk. Dengan adanya Mantul Tenan, pengantin dengan pasangan berasal dari luar daerah dan ingin sekaligus bergabung menjadi satu KK  dapat terintegrasi diajukan dalam sekali layanan.

Atas prestasi tersebut, Trisminingsih S.Sos mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta berupa piagam dan hadiah sebesar 4,5 juta rupiah. Penghargaan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dra. Septi Sri Rejeki pada Senin 5 Desember 2022 setelah apel pagi berlangsung. Dalam arahannya, Dra. Septi Sri Rejeki memberikan apresiasi tertinggi kepada Trisminingsih S.Sos atas prestasi yang telah diraih dan mendorong kepada seluruh ASN Disdukcapil Kota Yogyakarta untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengikuti ajang ASN berprestasi tahun berikutnya. (Adhani)