Disdukcapil kota Yogyakarta Raih Nilai Tertinggi Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Yogyakarta 2022

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta memperoleh nilai tertinggi dalam Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2022 oleh Ombudsman RI. Penilaian ini berdasarkan observasi Ombudsman RI sejak bulan Agustus hingga November tahun 2022. Penilaian pelayanan publik ini sesuai dengan Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan Publik, Tugas dan Kewenangan Jabatan serta Unit Layanan, Jenis-Jenis Maladministrasi dan Bentuk layanan Khusus untuk masyarakat berkebutuhan khusus.

Berdasarkan hasil penilaian, Pemerintah Kota Yogyakarta meraih nilai total 90,75 dengan predikat A atau Kualitas Tertinggi. Nilai tertinggi diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta dengan nilai 94,34. diikuti Puskesmas Mantrijeron dengan nilai 93,22. Predikat ini menunjukkan bahwa  Pemerintah Kota Yogyakarta secara umum masuk dalam zona hijau.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, Septi Sri Rejeki menyatakan rasa syukur dan berterima kasih atas kepada seluruh pihak yang berperan dalam Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2022 sehingga Disdukcapil dapat memperoleh nilai tertinggi.. “Sangat berterimakasih telah memberikan dukungan dan sebagai mitra kami dalam komitmen nyata untuk selalu patuh dan taat terhadap standar pelayanan publik. Sehingga kami terus mempertahankan pelayanan yang kami berikan untuk warga Kota Yogyakarta,” Ujar Septi Sri Rejeki.

Selain itu, Kepala Dinas juga menyatakan bahwa capaian ini didapat dengan mempertahankan standar pelayanan publik dimana Disdukcapil Kota Yogyakarta selalu mengutamakan fasilitas dan kenyamanan layanan bagi warga Kota Yogyakarta.

“Untuk mempertahankan standar pelayanan publik inilah yang sulit dilakukan. Oleh karenanya kami terbiasa, sehingga layanan prima yang kami lakukan sekarang ini adalah karena keterbiasaan itu sendiri yang dapat menjadikan kami seperti saat ini,”jelasnya.