Pelayanan rekam KTP pemula di Kelurahan Mujamuju

Yogyakarta- Senin, 22 Mei 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta melaksanakan program perekaman data KTP elektronik bagi calon pemilih pemula di Kelurahan Mujamuju. Program perekaman KTP Elektronik  pemula merupakan upaya percepatan perekaman data KTP elektronik bagi pemilih pemula  sebagai persiapan menyambut Pemilu 2024 mendatang.

Pemilih pemula adalah warga negara yang baru pertama kali mengikuti Pemilu. Kelompok pemilih pemula ini biasanya mereka yang berstatus mahasiswa serta pekerja muda. Ciri-ciri pemilih pemula yaitu:

1. Warga negara Indonesia dan pada hari pemungutan suara sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah pernah menikah.

2. Baru mengikuti Pemilu atau memberikan suara pertama kali sejak pemilu yang diselenggarakan di Indonesia dengan rentang usia 17-21 tahun.

3. Mempunyai hak memilih.

Pemilih pemula ini juga menjadi bagian dari pemilih muda atau mereka yang memiliki rentang usia antara 17-37 tahun. (https://tirto.id/gELe)

 

Pemilih pemula adalah warga negara yang baru pertama kali mengikuti Pemilu. Kelompok pemilih pemula ini biasanya mereka yang berstatus mahasiswa serta pekerja muda. Dapat di simpulkan bahwa ciri-ciri pemilih pemula yaitu: 1. Warga negara Indonesia dan pada hari pemungutan suara sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah pernah menikah. 2. Baru mengikuti Pemilu atau memberikan suara pertama kali sejak pemilu yang diselenggarakan di Indonesia dengan rentang usia 17-21 tahun. 3. Mempunyai hak memilih. Pemilih pemula ini juga menjadi bagian dari pemilih muda atau mereka yang memiliki rentang usia antara 17-37 tahun.

Baca selengkapnya di artikel "Apa Itu Pemilih Pemula dan Rentang Usianya Jelang Pemilu 2024?", https://tirto.id/gELe