Tanggal Cantik 11/11, Tim Mantul Tenan Dindukcapil Kota Yogyakarta melaksanakan pencatatan perkawinan untuk 8 pasangan pengantin

Sudah menjadi hal lumrah dalam menentukan tanggal pernikahan, para calon pengantin memilih tanggal cantik. Tak terkecuali hari Sabtu tanggal 11 November 2023. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta mendapatkan permohonan pencatatan perkawinan melalui inovasi MANTUL TENAN (Manten Anyar Entuk Telu Tuntas Dalam Sekali Layanan) sebanyak 8 pasangan.

Meskipun bukan hari kerja, petugas pencatatan perkawinan Mantul Tenan turun full tim untuk melayani permohonan pencatatan perkawinan mulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Lokasi pencatatan perkawinan pada hari Sabtu 11/11 adalah : Gereja Katholik Hati Kudus Tuhan Yesus (2 perkawinan), Gereja Santo Antonius Padua, Gereja Kristus Raja Paroki Baciro, Gereja Paroki Tyas Dalem Gusti Yesus, Gereja St Franciscus Xaverius Kidul Loji, GKJ Kotagede dan GBI Keluarga Allah. Selanjutnya, Minggu 12 November 2023, tim Mantul Tenan juga melaksanakan pencatatan perkawinan sebanyak 3 pasangan. Sehingga jumlah total pasangan yang telah Dindukcapil catatkan perkawinannya pada hari Sabtu dan Minggu (11 dan 12 November 2023) adalah 11 pasangan.

Sebagai informasi, Inovasi Mantul Tenan adalah inovasi layanan pencatatan perkawinan langsung di lokasi perkawinan yang paripurna dari Dindukcapil Kota Yogyakarta. Dalam satu kali permohonan warga non muslim Kota Yogyakarta mendapat beberapa jenis layanan sekaligus yaitu:

  1. Layanan pencatatan di lokasi perkawinan agama/kepercayaan dan penyerahan 3 dokumen adminduk sekaligus tanpa harus datang ke Dindukcapil. Dokumen yang diserahkan yaitu :
    1. Kutipan Akta Perkawinan;
    2. Kartu Keluarga dengan status kawin tercatat;
    3. Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dengan status kawin.
  2. Layanan perubahan /updating data lain dalam KK seperti perubahan tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, agama dll.
  3. Layanan mutasi penduduk bagi pengantin yang berasal dari luar daerah yang menghendaki pindah alamat masuk menjadi penduduk Kota Yogyakarta.

Bagi para calon pengantin non muslim warga Kota Yogyakarta, apabila menginginkan pelayanan Mantul Tenan silakan menghubungi Whatsapp loket perkawinan 089673930804 atau menghubungi lembaga agama terkait.