Forkom Adminduk DIY dengan tema

Selasa (21/5) Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta menyelenggarakan Forum Komunikasi (Forkom) Dukcapil se DIY yang bertempat di Hotel Ngesti Laras, Kaliurang. Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara, Ph. D. , Kepala Dinas Dukcapil se-DIY dan Perwakilan dari Kelurahan Ngampilan, Wirogunan, Warung boto, Rejowinangun, Purwokinanthi, Pandeyan, Tegal Panggung.

Dari kiri ke kanan : Kepala Dinas Dukcapil  Kota Sleman, Drs. Susmiarto, M.M. Kepala Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta, Dr. Septi Sri Rejeki, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara, Ph. D. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kulon Progo, Ir. Aspiyah, M.Si., Kepala Dinas Dukcapil  Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos., Kepala Dinas Dukcapil  Kabupaten Gunung Kidul, Markus Tri Munarja, S.IP., M.Si.

Forkom Adminduk DIY kali ini mengambil tema "Percepatan Perekaman KTP-el dalam rangka Mensukseskan Pilkada 2024". Acara Forkom menjadi agenda rutin Dinas Dukcapil se-DIY dan Biro Tapem Setda DIY dengan tujuan untuk menjaga komunikasi dan menjalin sinergitas antar Dinas Dukcapil se DIY. Selain itu, acara ini juga untuk mewujudkan penyelenggaraan administrasi kependudukan yang prima.

Forkom diawali dengan paparan dari Kanjeng Yuda terkait monitoring dan evaluasi kinerja Dinas Dukcapil se-DIY. Kanjeng Yuda menyampaikan terkait capaian target dan kinerja Dinas Dukcapil se-DIY yang sebagian besar telah melampaui target nasional. Untuk Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta terdapat 19.430 wajib KTP belum melaksanakan rekam KTP dengan 900 wajib KTP berusia 20 tahun ke atas. Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY mengharapkan agar Dinas Dukcapil secara bertahap melakukan penonaktifan penduduk wajib KTP-el belum rekam, terutama usia 20 tahun ke atas.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta juga memberikan masukan kepada Kanjeng Yuda untuk memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam bentuk pakaian dinas lapangan seperti Satpol PP. Selain itu, dalam rangka meningkatkan sinergitas Dukcapil se-DIY, Dra. Septi Sri Rejeki juga menyarankan agar Biro Tapem mengadakan forum bersama Dukcapil se-DIY.

Kanjeng Yuda menyampaikan bahwa Biro Tapem siap jika diminta bantuan baik alat ataupun personel untuk pelayanan jemput bola baik itu Perekaman KTP-el ataupun aktivasi IKD (Identitas Kependudukan Digital) dan mendukung saran dari Kepala Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta.