Launching ADM dan Si Molis di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty)

Yogyakarta- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta kembali menambah mesin layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di tempat publik. Pemasangan ADM baru terletak di 2 (dua) lokasi yaitu di Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) dan Taman Pintar Yogyakarta.

ADM di Pasty

Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM adalah mesin untuk mencetak dokumen kependudukan. Dokumen kependudukan yang bisa dicetak lewat ADM, yakni KK, KIA, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, dan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI). Sebelumnya Dinas Dukcapil sudah memasang mesin ADM di 2 (dua) Kemantren, yaitu Kemantren Jetis dan Kemantren Mergangsan.

Launching ADM di Pasty dihadiri oleh pejabat publik antara lain Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara, Ph. D., Kepala Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta Drs. Septi Sri Rejeki, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani, S.I.P. , Kepala Dinas Dukcapil Kota Sleman, Drs. Susmiarto, M.M. dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo. Selain pejabat publik, launching ADM juga dihadiri oleh para stakeholder seperti Ombudsman DIY, Lurah, Kader Gisa, Ketua RT dan RW.

Mobil Listrik "Si Molis"

Selain Launching ADM, Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta juga memperkenalkan Mobil Listrik dengan branding Si Molis "Siap Mobile Melayani dengan Istimewa". Mobil Listrik "Si Molis" diberikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta kepada Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta agar mempermudah pelayanan Jemput Bola rekam KTP-El di wilayah-wilayah kota yang tidak dapat dijangkau oleh mobil Drive Thru maupun mobil operasional Dukcapil.

Dengan adanya inovasi-inovasi pelayanan berupa ADM dan Si Molis, Dinas Dukcapil berharap kesadaran kepemilikan dokumen kependudukan di masyarakat semakin meningkat dan semakin mudah diakses oleh setiap lapisan masyarakat.